Warta Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Obyek Wisata di Cilacap dari Cerita Rakyat dan Kisah Mistisnya

Obyek Wisata di Cilacap dari Cerita Rakyat dan Kisah Mistisnya


Cilacap.info – Tempat wisata kerap kali dikaitkan dengan sebuah kisah, baik dari Cerita rakyat, maupun kisah mistis. Begitupun pada cerita KKN di Desa Penari, ada Kesenian, Adat atau Budaya dan juga Tempat atau Obyek Wisata.
Berikut ini adalah Obyek Wisata yang punya history akan cerita rakyat dan kisah seramnya.

1. Waduk Kubangkangkung di Kawunganten
Meski lokasinya berada di samping jalan besar Jalur Lintas Selatan ke Jeruklegi atau Wangon Banyumas, dan Gandrungmangu, Karangpucung hingga Pangandaran Jawa Barat. Namun waduk ini punya cerita rakyat.
Cerita rakyat yang dimiliki adalah tentang Naga penunggu waduk, selain itu jalan di sekitar waduk ini juga terkesan angker. Di malam hari jarang sekali pengendara melewati jalur ini, dikarenakan sepi juga arealnya adalah hutan.


2. Danau Bojonggrongga di Kedungreja
Danau satu ini sekarang telah menjadi desa wisata, banyak orang mengunjunginya untuk berburu kuliner atau hanya sekedar berwisata bersama keluarga.
Namun dahulu, danau ini sebelum menjadi seperti sekarang begitu sepi dan banyak orang takut untuk melewatinya.
Jalan yang ada disampingnya merupakan jalur alternatif dari arah Sidareja atau Cipari menuju ke Purwodadi Ciamis atau Langensari Kota Banjar Jawa Barat.

Obyek Wisata di Cilacap dari Cerita Rakyat dan Kisah Mistisnya


3. Curug Bandung Limbangan Wanareja
Curug atau Air terjun satu ini berada di Ciheuleut Desa Limbangan Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap.
Curugnya tidak kalah cantik, selain itu punya 2 terjunan yang berdekatan. Apabila mengambil foto dari atas saat menuruninya tidak kalah cantik.
Namun curug ini terkesan angker, sebab banyak yang mengalami kesurupan usai mengunjungi curug satu ini. Banyak orang tak sengaja ketika mengambil gambar ada sosok hantu.

4. Gunung Srandil Adipala
Gunung ini terletak di dekat pantai selatan jawa, selain itu gunung ini punya cerita rakyat, yakni Bima, hingga jadi tempat pengungsian murid raja lelembut Sabda Palon. Tempat ini juga diburu oleh para pencari kekayaan tujuannya agar kaya dari Pesugihan.



5. Pulau Nusakambangan
Selain dijuluki Alcatraznya indonesia, Pulau satu sebetulnya adalah Cagar Alam. Namun di dalamnya terdapat lembaga pemasyarakatan yang di huni oleh para napi dari berbagai macam daerah di Indonesia.
Pulau ini juga dijuluki pulau kematian karena banyak para napi tersangka narkoba dan terorisme dieksekusi dengan cara ditembak.
Nusakambangan punya kisah angker, dari hantu noni belanda, hingga kijang emas, tak kalah cerita lainnya adalah Kawuk seperti Komodo namun jalannya berdiri.
Konon Kawuk ini suka memakan mayat manusia dengan cara bergerombol seperti halnya biawak dan juga Komodo.
Cerita ini juga melegenda di Solok Timur Pangandaran, namun masyarakat yang tinggal di Nusakambangan membantah mitos tentang kawuk. Wallahu’alam.

Penulis : ayu
Editor : bayu

Sumber : https://www.cilacap.info/lifestyle/story/obyek-wisata-di-cilacap-dari-cerita-rakyat-dan-kisah-mistisnya.html

Tags

Newsletter Bro

Masukan alamat email anda dan dapatkan berita terbaru gratis.

Posting Komentar